Hal Positif Memiliki Penghargaan Diri Yang Sehat

Penghargaan diri memengaruhi cara seseorang memandang dirinya, secara negatif atau positif. Selain juga turut memengaruhi hubungannya dengan orang lain. Setiap individu, mengalami pasang surut penghargaan diri. Terkadang seseorang menghargai dirinya terlalu berlebihan, sehingga merasa ia lebih baik dari orang lain. Ada kalanya, individu melihat dirinya dari sudut pandang negatif, sehingga ia memiliki penghargaan diri rendah. Nah, setiap individu perlu memiliki penghargaan diri yang sehat.

Individu dikatakan memiliki penghargaan diri yang sehat, jika ia tidak menempatkan dirinya superior dibandingkan orang lain dan cenderung arogan. Selain juga ia tidak melihat dirinya lebih rendah, hanya melihat sisi kelemahan dalam dirinya dan menganggap orang lain lebih baik darinya. Kepribadian positif dengan penghargaan diri yang sehat artinya, Anda memiliki keseimbangan diri. Anda memiliki persepsi positif terhadap diri sendiri, mampu melihat kemampuan diri, dan punya penghargaan atas orang lain.

Setiap individu perlu mengupayakan agar memiliki penghargaan diri yang sehat. Pasalnya, penghargaan diri memengaruhi berbagai aspek kehidupan. Setiap orang penting untuk belajar menyintai dan menghargai dirinya, menerima kelemahan dan kesalahan. Dengan begitu, ia lebih mampu menghargai orang lain di sekitarnya. Penghargaan atas orang lain ini jelas memengaruhi relasi sosialnya.

Sejumlah hal positif didapatkan dengan memiliki penghargaan diri yang sehat di antaranya:

  1. Cenderung tidak mengalami perasaan putus asa, tak berharga, rasa bersalah berkepanjangan dan perasaan rendah diri.
  2. Lebih tegas dalam mengekspresikan kebutuhan dan pendapat.
  3. Lebih percaya diri dalam membuat kebutuhan.
  4. Memiliki hubungan yang lebih sehat, jujur dan nyaman,
  5. Lebih realistis dalam mewujudkan mimpi, dan tidak menuntut diri sendiri berlebihan.
  6. Berkepribadian lebih tenang, mampu menghadapi stres.
  7. Memiliki mental yang lebih sehat, sehingga tak mengalami berbagai masalah yang dipengaruhi masalah mental seperti gangguan makan, depresi, kecemasan dan kecanduan terhadap sesuatu.

Sumber: Mayo Clinic, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..