4 Tips Agar Resume Lebih Eye-catching

4 Tips Agar Resume Lebih Eye-catching. PERSAINGAN yang kian ketat di dunia kerja membuat setiap orang harus berusaha keras membuat diri lebih menonjol dibandingkan yang lainnya. Salah satunya, dengan membuat resume Anda terlihat lebih menarik di mata perekrut potensial.

Berbagai perusahaan saat ini umumnya kewalahan menerima begitu banyak aplikasi untuk mengisi sebuah posisi, sehingga tidak bisa mencurahkan banyak waktu untuk masing-masing kandidat potensial. Lalu, bagaimana cara membuat resume Anda menarik minat mereka?

Menarik secara visual
Hal terakhir yang Anda inginkan adalah resume Anda terlihat berantakan dan tidak teratur di antara tumpukan resume lain. Menurut J. Patrick Gorman, salah satu pendiri iFind Group, sebuah perusahaan pencari eksekutif yang berbasis di Manhattan, aspek desain resume Anda harus terlihat bersih, menyegarkan, dan sederhana. ”Dengan kata lain, memiliki keselarasan yang baik, spasi, tata bahasa, ukuran font, font yang jelas, kalimat penuh setelah poin-poin Anda, tidak ada singkatan, dan memiliki aliran baik dari informasi yang disajikan,” ujarnya seperti dikutip situs careerbuiler.msn.com.

Menangkap mata pembaca
Tony Beshara, penulis Unbeatable Resume: America’s Top Recruiter Reveals What Really Gets You Hired, mencatat bahwa kesalahan terbesar orang-orang adalah mereka percaya resumenya akan dibaca secara menyeluruh. ”Resume Anda akan dipindai. Jika resume itu menyentuh tombol yang tepat dengan cepat, mungkin bisa dicetak dan dibaca, tapi pemindaian awal yang paling penting.”

Beshara menyarankan untuk memberikan penjelasan tentang pekerjaan Anda saat ini atau yang terbaru, di bagian paling tengah dari halaman pertama resume. ”Studi menunjukkan bahwa ketika orang memindai, mata mereka mulai di tengah-tengah halaman pertama, bergerak ke kiri dan kemudian naik ke bagian atas halaman,” tandasnya.

Memberikan kejelasan
Manajer HRD yang sibuk tidak mau terus menggali resume untuk mengetahui apakah seorang calon memenuhi syarat. Mereka ingin tahu dengan cepat pelamar mana yang tidak menyia-nyiakan waktu mereka. Gorman menyarankan, tulislah resume seperti sebuah lembar fakta alih-alih cerita pendek.

Kekompakan sangat dihargai, namun harus didukung dengan informasi yang memberikan gambaran jelas bagi calon perekrut. Gorman menekankan, selain memberikan poin-poin data yang jelas tentang peran spesifik Anda, sampaikan pula secara spesifik dampak yang Anda timbulkan.

Jangan biarkan hasrat untuk mempersingkat resume menciptakan kesan keliru yang merugikan Anda dalam mendapatkan wawancara. Pastikan apa yang Anda tulis dapat dimengerti oleh perekrut, mulai dari jabatan, posisi, sampai di bidang apa perusahaan Anda yang sebelumnya bergerak.

Fokus pada pencapaian
Tunjukkan kepada perekrut, mengapa Anda menjadi orang terbaik untuk pekerjaan ini. Menyajikan keterampilan Anda yang paling relevan serta prestasi terbesar yang Anda capai, merupakan hal yang sangat vital.

sumber: mediaindonesia.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..