9 Lowongan Pekerjaan Untuk Sarjana Bahasa

Tahun depan saya akan lulus dan menjadi sarjana bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, saya juga mengetahui sedikit bahasa Perancis. Saya memang sangat tertarik memelajari bahasa asing. Rencananya setelah lulus kuliah, saya ingin bekerja sesuai bakat dan minat. Harapannya pekerjaan itu dapat membawa saya ke berbagai tempat, baik dalam maupun luar negeri. Kira-kira karier apa saja yang cocok untuk saya?” (Putri, Jakarta)

Menurut Donna Turner, praktisi sumber daya manusia dari EXPERD, berdasarkan pengamatan, sarjana bahasa Inggris relatif mudah memasuki berbagai bidang dan posisi pekerjaan dengan rentang pilihan luas. Bila Anda memiliki minat travelling yang memungkinkan menjelajah ke pelosok negeri sampai ke mancanegara, ada banyak pilihan yang bisa dijajaki.

1. Perusahaan multinasional
Anda dapat melihat kemungkinan berkarier di perusahaan multinasional, misalnya di perbankan untuk berkiprah di jajaran manajerial. Tergantung posisi yang Anda isi, peluang berjalan-jalan mungkin saja Anda alami saat ikut training dan gathering di luar kota atau luar negeri. Perusahaan multinasional lain, seperti perusahaan minyak juga cukup diminati, bila Anda ingin bernaung di bidang public relations maupun communication officer.

2. Departemen Luar Negeri
Peluang karier juga ada di Departemen Luar Negeri, mengingat pada umumnya menguasai aspek penting, yakni bisa berbahasa Inggris dengan baik. Bagi mereka yang berkarier sebagai diplomat, tentu peluang untuk berjalan-jalan bahkan tinggal di mancanegara terbuka luas. Peluang berkarier di United Nations juga terbuka. Sementara bila Anda berminat bekerja di kedutaan asing maupun di Lembaga Swadaya Masyarakat, biasanya posisi di bagian administrasi maupun penerjemah juga membutuhkan jasa Anda. Bekerja di pusat-pusat kebudayaan asing juga dapat menjadi salah satu alternatif.

3. Menjadi interpreter
Untuk mendalami profesi ini, sebaiknya mengambil interpreting course, workshop, dan training. Income sebagai interpreter cukup menjanjikan. Bila performa interpreter sudah terbukti baik dan memiliki network luas, jasa Anda akan sering diminta untuk proyek-proyek pemerintah maupun LSM. Peluang jalan-jalan sampai ke pelosok daerah sangat ada. Bila tertarik melanjutkan jenjang pendidikan S2, dengan network yang sudah terbina, tidak tertutup untuk bekerja di Bank Dunia, dan lembaga-lembaga negara donor lain. Hal ini memungkinkan interpreter melakukan travelling sekaligus mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru.

4. Bidang komunikasi
Dengan memperdalam pengetahuan khusus, didukung minat dan ketekunan, Anda bisa mendalami Public Relations, baik sebagai in-house/in-company PR, maupun di Public Relations Agency. Bila berminat di bidang periklanan, Anda pun dapat mendalami pekerjaan seorang copywriter (penulis naskah iklan), misal untuk iklan cetak, radio, dan televisi.

5. Jurnalistik
Bila Anda berminat dengan bidang tulis-menulis, menerjemahkan, mewawancara, maupun meliput berita, peluang kerja terbuka di TV, majalah, dan koran. Terlebih saat ini makin marak majalah dan koran franchise. Anda bisa bekerja sebagai wartawan atau reporter. Tentu Anda bisa berkeliling daerah atau dunia, meliput fashion show, travelling, dan sebagainya. Bonus tambahan bila menjadi wartawan, dengan berjalan-jalan Anda juga bisa mengembangkan networking.

6. Perhotelan
Peluang di bidang ini cukup terbuka. Bisa diawali dengan posisi front desk/receptionist, guest relation officer, sampai ke sales dan marketing. Biasanya setelah beberapa tahun, staf di bidang ini bisa semakin menyesuaikan posisi yang diinginkan, sesuai minat dan kesempatan yang ada.

7. Penerbangan
Di bisnis penerbangan, seiring berjalannya waktu dan tersedianya dana perusahaan, staf-staf yang bekerja di multinational airlines berpeluang dikirim mengikuti workshop, training ke luar negeri untuk pendalaman skills dan knowledge tertentu.

8. Travel
Begitupun bila Anda memilih berkarier di bidang travel agent. Dengan bertambahnya masa kerja di perusahaan dan prestasi kerja yang layak diperhitungkan, staf-staf perjalanan yang sudah dipercaya cenderung dikirim ke luar negeri untuk menjadi tour leader. Atau pun mengikuti training dan seminar yang relevan dengan bisnis ini.

9. Pendidikan
Bila Anda berminat di bidang edukasi, menjadi konsultan pendidikan maupun guru di kursus bahasa asing juga dimungkinkan. Anda tetap bisa beredar ke berbagai penjuru Indonesia untuk mengajar, serta mengadakan meeting di berbagai kota berkaitan dengan tugas Anda.

Ini adalah beberapa paparan alternatif yang ada. Semakin digali, semakin banyak jenis karier baru yang Anda temui dan bisa dikembangkan. Selamat bereksplorasi dan menjajaki peluang kerja yang sesuai minat.

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..