Agar Disenangi Atasan Lakukan 5 Langkah Berikut

Bijak – Sebagai seorang pegawai, menyenangkan rasanya apabila Anda disenangi oleh atasan. Akan tetapi, tentu saja sebaiknya Anda tidak “menjilat” supaya atasan senang dengan kinerja Anda. Lalu, bagaimana sebenarnya cara agar atasan menyukai kinerja Anda tanpa perlu “menjilat” yang malah dapat berpotensi menghancurkan karier Anda?

“Tidak ada seorang pun yang mau dikenal sebagai seorang ‘penjilat’. Lagipula, ‘menjilat’ bukanlah strategi yang baik karena atasan biasanya akan dengan mudah mengetahuinya,” ujar Vicki Salemi, seorang pakar karier.

Ketimbang “menjilat”, ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan untuk dapat disenangi oleh atasan.

1. Tunjukkan etos kerja yang tanpa cacat
“Apresiasi itu diperoleh sebagai hasil kerja. Sehingga, atasan akan mulai menunjukkan apresiasinya pada Anda ketika Anda menunjukkan etos kerja yang sempurna dan tanpa cela. Anda tidak bisa berpura-pura dalam hal ini. Antusiasme dan gairah kerja adalah hal yang disukai atasan,” ungkap Salemi.

2. Komitmen pada kebiasaan
Salemi menjelaskan, kebiasaan ini maksudnya adalah misal ketika Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, pilihannya adalah apakah Anda mau bekerja lembur dan segera menyelesaikannya atau menundanya namun Anda harus bekerja di akhir pekan.

“Meskipun atasan menghendaki Anda memiliki keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional, mereka juga mencari anggota tim yang mampu bekerja esktra. Apakah Anda harus lembur atau mendadak harus segera pergi ke kantor pengiriman terdekat di malam hari, atasan akan memberikan tambahan nilai untuk Anda,” terang Salemi.

3. Tanggung jawab pada pekerjaan
Apabila Anda melakukan kesalahan saat bekerja, jangan ragu untuk memperbaikinya dan memberikan solusi atas masalah yang dihadapi. “Banyak atasan akan senang apabila Anda jujur dan ini termasuk kejujuran atas kesalahan. Bertanggung jawablah pada pekerjaan Anda dan jangan pernah menyalahkan orang lain. Ini akan menjadi pelajaran bagi Anda ketika harus kembali menghadapi situasi semacam ini di masa mendatang,” saran Salemi.

4. Tunjukkan Anda bisa bekerjasama
“Ketika atasan memberikan pekerjaan, mereka biasanya akan mencari orang yang bisa bekerjasama. Mereka tidak ingin mendengar permasalahan Anda dan kisruh Anda dengan rekan kerja. Jalinlah hubungan yang baik dengan anggota tim lainnya, berikan bantuan bila diperlukan dan ini akan membuat atasan menyenangi Anda,” papar Salemi.

5. Jadilah orang yang dibutuhkan
Salemi menyatakan, untuk disenangi atasan, maka Anda harus menjadi orang yang dibutuhkan oleh atasan Anda. “Apakah tinta printer habis dan Anda bisa mengganti toner, atau apakah Anda bisa memperoleh jalan pintas atas suatu hal, atasan akan menyukai Anda bila Anda menjadi aset berharga perusahaan. Anda pun akan menjadi rujukan dalam tim,” ungkap Salemi.

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..