Cukup Fokuskan Satu Saja Posisi Saat Melamar Pekerjaan

Jika ada dua jenis lowongan dalam satu perusahaan yang sama, bolehkah Anda melamar ke dua pekerjaan tersebut sekaligus? Donna Turner, Praktisi Sumber Daya Manusia Experd, menjelaskan mengenai pilihan ini dalam rubrik Q&A ChicNCareer majalah Chic.

Dona menyarankan, idealnya sebelum mengajukan aplikasi kerja, Anda sudah tahu posisi yang diinginkan, minimal di area apa. Posisi ini sesuai minat, keterampilan, potensi, dan latar belakang pendidikan Anda. Hal ini akan membantu Anda lebih fokus dari awal, mulai dari praseleksi, pascaseleksi, sampai level Anda diterima bekerja. Makin fokus pada satu posisi kerja, makin banyak manfaat yang Anda dapat peroleh di antaranya:

Memudahkan wawancara
Sebagai kandidat, selama wawancara Anda tidak perlu berusaha “terlalu keras” menampilkan profil diri sesuai persyaratan posisi pekerjaan tertentu, karena profil diri Anda secara natural sudah mencukupi, minimal sudah mendekati rentang skala persyaratan untuk posisi tersebut. Tugas Anda kemudian adalah menampilkan sisi terbaik dari kualitas diri yang sudah lama melekat, tidak perlu mencari lagi.

Dalam persiapan wawancara, Anda lebih mudah mengingat kembali pengalaman kerja lapangan (PKL) yang pernah diikuti semasa kuliah, yang relevan dengan posisi incaran. Anda juga lebih mudah menelusuri kembali pengalaman berorganisasi yang relevan dengan kriteria pengalaman manajerial atau organisasi yang Anda lamar. Bila posisi pekerjaan yang dituju mewakili minat dan potensi, Anda akan semakin natural saat jalani proses wawancara seleksi. Untuk wawancara bergaya behavioral interview, Anda praktis lebih siap saat diminta menjelaskan kasus demi kasus pengalaman yang pernah ditemui saat berorganisasi atau PKL yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Memperlancar jalur karier
Bila posisi tersebut menawarkan jalur karier manajerial, Anda tinggal menambah keterampilan manajerial, dan soft skills lain yang diperlukan untuk memperlancar jalan meniti karier, sesuai jalur yang sudah ada sejak awal, mengingat kompetensi dasar Anda sudah kuat. Anda tidak perlu mendapatkan pendampingan khusus, coaching ekstra, pembinaan tambahan, untuk tingkatkan kompetensi dasar.

Bila posisi yang ditawarkan membuka peluang jalur karier bagi spesialis, sesuai minat Anda misalnya, maka Anda tinggal menambah skills baru dan perbanyak jam kerja. Perbanyak penanganan kasus klien, berkaitan dengan peningkatan, penajaman yang diperlukan bagi pencapaian spesialisasi, sesuai kebutuhan perusahaan dan klien perusahaan.

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..