Hindari Memasang Foto Di CV Anda

Apa yang Anda lakukan ketika sedang mempersiapkan wawancara kerja? Pastilah Anda mengenakan pakaian Anda yang terbaik, dan memastikan riasan wajah terlihat menarik tanpa terkesan berlebihan. Namun di Inggris, jika Anda tahu akan diwawancara oleh seorang wanita, sebaiknya Anda tak usah berusaha terlalu keras untuk terlihat cantik.

Demikianlah saran Profesor Cary Cooper dari Lancaster University Management School. Sebab studi yang dilakukannya mendapati bahwa CV yang menampilkan foto perempuan cantik hanya mendapat tanggapan sekitar 25 persen. Penyebabnya, mungkin Anda bisa menduga, adalah kecemburuan antara pewawancara dan yang akan diwawancara. Menurutnya, perempuan cantik yang memajang foto pada surat lamarannya kecil kemungkinannya mendapat kesempatan wawancara. Perempuan pewawancara justru akan mencoba membantu kandidat yang diremehkan.

“Mereka mungkin berpikir, ‘Perempuan-perempuan cantik ini bisa mendapat peluang mendapatkan pekerjaan di tempat lain, jadi saya akan mewawancara kandidat yang kurang menarik ini’,” begitu kata Profesor Cooper.

Penelitian ini dilakukan terhadap 5.300 CV yang dikirimkan untuk 2.650 lowongan kerja. Hampir 20 persen dari pria yang menarik mendapat kesempatan wawancara, namun hanya 12,8 persen dari perempuan cantik yang mendapat perlakuan yang sama. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pria ganteng yang memasang fotonya di CV tidak akan mengalami diskriminasi seperti para perempuan cantik.

“Penemuan mengenai hukuman terhadap perempuan cantik ini bertentangan dengan riset perilaku psikologi dan organisasi mengenai kecantikan, yang mengaitkan daya tarik dengan pembawaan dan sifat-sifat positif,” lanjut para peneliti.

Hasil penelitian ini dianggap tidak masuk akal oleh Carmen Watson, direktur pelaksana rekrutmen di Pertemps Recruitment Partnership. Ia bahkan tidak pernah menyadari bahwa pelamar mencantumkan foto mereka di CV.

“Pada akhirnya, kami mencari orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat, dan pekerjaan yang tepat untuk orang yang tepat, terlepas dari jenis kelaminnya,” kata Watson.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda pernah mengalami perbedaan perlakuan karena penampilan fisik Anda? Perlukah sebenarnya memajang foto diri di surat lamaran?

Sumber: Marie Claire, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..