Inilah 3 Hal Ini Sebelum Wawancara Kerja

Bijak – Bagi Anda calon pegawai yang melamar di sebuah perusahaan, seringkali sesi wawancara dengan pihak perusahaan merupakan saat-saat yang mendebarkan. Untuk itu, ada baiknya Anda benar-benar mempersiapkan diri dengan baik sebelum menjalani wawancara kerja agar hasilnya pun sesuai dengan keinginan.

Nah, apa saja sebenarnya hal-hal yang harus dilakukan sebelum menjalani wawancara kerja? Berikut penjelasannya.

1. Berlatih Kecepatan Menjawab
Terkadang stres menjadi pemicu hilangnya fokus, namun Anda harus ingat bahwa detak jantung yang menderu dan perasaan susah bernapas adalah kondisi umum sebelum melakukan wawancara. Bila gangguan tersebut terjadi, bisa-bisa sesi wawancara Anda malah runyam.

Sebuah riset yang dipublikasikan pada Journal of Business and Psychology menemukan bahwa mulai berbicara dengan lambat adalah tanda yang paling terlihat bahwa Anda cemas dan kepercayaan diri hilang. Ini akan membuat perusahaan malah melewatkan kesempatan untuk merekrut Anda. Oleh sebab itu, sebelum wawancara, latihlah diri Anda untuk dapat tetap berbicara dan menjawab dengan cepat.

2. Datang Sebelum Waktu Wawancara
Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Psychological Science menemukan bahwa perusahaan mengevaluasi calon karyawan berdasarkan performa calon karyawan sebelumnya di hari yang sama. Jika calon karyawan sebelum Anda tampil dengan baik, maka mereka akan menilai calon karyawan setelahnya dengan lebih buruk.

Nah, untuk menghindari hal demikian, tidak ada salahnya Anda mencetak standar yang tinggi untuk memperbesar kesempatan Anda diterima di perusahaan ini. Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah dengan tidak datang terlambat. Lebih baik menunggu daripada terlambat, bukan?

3. Pelajari Seluk-beluk Perusahaan
Riset yang dipublikasikan pada American Sociological Review menemukan bahwa perusahaan lebih memilih kandidat yang dapat melihat diri mereka bergaul dengan orang-orang yang memang sudah terkualifikasi di posisi tersebut.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mempelajari kebiasaan dan hobi perusahaan atau para pegawai sebelum menjalani sesi wawancara. Anda bisa melakukannya dengan mengunjungi situs resmi perusahaan.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah tetap berpikir positif dan memastikan Anda tetap tenang saat menjalani sesi wawancara kerja. Semoga sukses!

Sumber : Maire Claire, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..