Inilah 4 Tips Mengusir Jenuh di Kantor

Bijak – Hal-hal kecil ini bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jenuh di tempat kerja:

1. Fokus dan bersibuk diri dengan tugas yang diberikan
Setiap kali Anda mengawali tugas, anggaplah sebagai tugas baru, karena tidak ada tugas yang persis sama dari waktu ke waktu. Tentunya tetap ada perbedaan dari tugas-tugas Audit yang Anda laksanakan. Bisa dalam hal beda contact person, beda perusahaan, beda situasi perusahaan, beda iklim kerja, yang menuntut Anda fokus menuntaskan tugas tersebut dengan sempurna.

Di saat kita mulai fokus dan asyik mengerjakan tugas kita, di situlah rasa jenuh hilang, karena kita mulai mengerahkan seluruh perhatian pada tugas tersebut.

2. Laksanakan tugas-tugas penting yang saat ini tidak genting
Bila kita sudah menyelesaikan tugas utama kita, Anda bisa melanjutkan menuntaskan hal-hal yang penting namun tidak genting (not urgent). Dalam arti, bila dilakukan sekarang Anda akan merasakan efek positifnya di saat-saat mendesak Anda mmebutuhkannya. Dan bila tidak dilakukan dari sekarang, kegiatan Anda bisa sangat terganggu di saat Anda membutuhkannya.

Misalnya, mencek kembali sertifikasi auditor Anda, apakah masih valid tanggal berlakunya, merapikan arsip, menyelesaikan tugas-tugas administrasi dan report rutin, cek kesehatan yang mendukung kelancaran kerja, dan sebagainya. Melakukan hal-hal yang terkesan “remeh” namun penting ini akan membuat Anda lupa dengan kejenuhan Anda.

3. Mendisiplinkan diri untuk datang lebih awal
Dengan membiasakan diri datang lebih awal, Anda bisa melakukan pemanasan dulu sebelum mulai bekerja, seperti membereskan tempat kerja, merapikan penampilan, menyapa orang-orang di sekitar. Semua kegiatan ringan sebelum mengawali kerja ternyata dapat meningkatkan semangat. Bila Anda membiasakan datang terlambat, rasa jenuh yang potensial sudah ada pada diri Anda dapat semakin berkembang.

4. Menawarkan diri untuk menjadi mentor bagi rekan yang lebih junior
Dengan jam kerja Anda yang sudah panjang, tentunya Anda dapat berbagi keterampilan dan pengetahuan kerja pada rekan kerja yang lebih junior, yang belum berpengalaman mengerjakan tugas-tugas di bagian Anda, dengan menjadi mentor. Anda juga bisa mengasah soft skill sebagai mentor. Kegiatan ini pun akan menghilangkan kejenuhan atas rutinitas kerja.

Sumber : CHIC, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..