Inilah 5 Fakta Berjabat Tangan yang Baiknya Anda Ketahui

Bijak – Dalam dunia kerja, berjabat tangan merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan. Anda lazim berjabat tangan dengan rekan kerja atau klien ketika bertemu atau seusai menyepakati sebuah kerjasama. Namun, ada beberapa fakta tentang berjabat tangan yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Berjabat Tangan Artinya Tak Bersenjata
Anda yang pernah menonton film kolosal seperti Gladiator mungkin pernah melihat para petarung Romawi berjabat tangan. Ternyata, beragam teori menemukan bahwa berjabat tangan adalah cara untuk menunjukkan bahwa Anda sama sekali tidak bersenjata.

2. Berjabat Tangan Tunjukkan Kemampuan
Anda perlu memperhatikan jabat tangan ketika melakukan wawancara kerja. Sebab, tim perekrutan biasanya menilai kandidat pegawai yang berjabat tangan dengan tegas sebagai seorang pribadi yang berkemampuan ketimbang mereka yang berjabat tangan dengan lemah. Informasi saja, jabat tangan yang erat dan tegas mengindikasikan kepercayaan diri dan keterbukaan.

3. Berjabat Tangan untuk Impresi
Hampir seluruh interaksi antar manusia akan berjalan lebih lancar jika diawali dengan berjabat tangan, demikian menurut penelitian yang dipublikasikan pada Journal of the Cognitive Neuroscience. Dengan aktifnya bagian pada otak yang terkait dengan interaksi sosial, jabat tangan akan membuat orang lain memandang Anda lebih baik dan menghindari interpretasi negatif atas perilaku maupun perkataan Anda.

4. Berjabat Tangan dapat Bermakna Ofensif
Di beberapa kawasan Asia dan Timur Tengah, tangan kiri digunakan untuk membersihkan diri di kamar kecil. Ini seringkali mengartikan bahwa berjabat tangan dengan menggunakan tangan kiri dianggap sebagai tindakan yang ofensif di beberapa kawasan di dunia.

5. Berjabat Tangan Selama Dua Detik
Ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman dengan berjabat tangan terlalu lama. Namun, para peneliti dari Inggris dalam sebuah studi menyatakan bahwa berjabat tangan terlalu cepat menciptakan anggapan bahwa Anda adalah seorang yang arogan dan menunjukkan ketidaktertarikan. Para peneliti menyarankan berjabat tangan setidaknya selama 2 detik.

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..