Inilah 7 Pekerjaan Unik Sesuai Hobi

Inilah 7 Pekerjaan Unik Sesuai Hobi. Jangan cuma mengikuti mainstream, berbagai profesi unik yang berangkat dari hobi berikut ini mungkin bisa menjadi pilihan Anda dalam berkarier.

1.Food Stylist
Setuju tidak kalau penampilan atau gambar makanan memengaruhi selera makan dan menu yang Anda pilih? Begitu juga jika Anda membaca resep di buku, majalah, atau menonton televisi. Makanan yang terlihat cantik dan enak pasti bikin tak sabar untuk segera mencobanya. Di sinilah pentingnya peran food stylist. Profesi ini menuntut kreativitas dan keahlian yang tinggi untuk menyulap makanan yang mungkin biasa saja menjadi makanan yang cantik dan wajib menggugah selera.

Skill: Keahilan food stylist harus dipelajari minimal selama satu tahun untuk mengakrabkan diri dengan berbagai peralatan khusus serta struktur bahan makanan. Menurut mymajors.com, pengetahuan akan desain sangat diperlukan untuk mengungkap kelezatan dalam sebuah gambar. Teknik dasar foto dan videografi, serta pencahayaan yang baik juga penting.

2.Greensman
Punya hobi berkebun? Bisa juga dijadikan profesi. Greensman mempunyai tugas untuk menata aneka tumbuhan baik itu pohon, rumput, bunga, termasuk unsur pendukungnya seperti tanah, pasir hingga batu. Tentunya profesi ini bukan sekedar berkebun biasa namun perlu dilengkapi keahlian dan kreasi untuk menyulap suasana sebuah tempat.

Skill: Saat ini banyak kursus dan seminar yang menawarkan pelatihan merangkai bunga dan tanaman. Materi yang diajarkan biasanya untuk mengenal segala jenis tanaman, media tumbuhnya, dan berbagai dekorasi yang menjadi khas suatu negara, tempat, dan acara. Greensman juga harus perhatian pada hal-hal kecil.

3.Animal Whisperer
Bermain bersama hewan peliharaan bukan sekedar hobi atau menghabiskan waktu luang. Mereka dibayar untuk “bermain” dan menyeleksi hewan untuk tampil di film atau televisi seperti Animal Planet. Hewan yang biasa diajak bermain adalah anjing, kucing, burung, hingga hewan buas seperti ular. Enggak mau yang terlalu ekstrim? Di luar negeri, cat atau dog walker menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Cukup mengajak hewan peliharaan dalam satu komplek perumahan untuk berjalan-jalan, ketika sang pemilik sibuk bekerja. Bahkan ada yang menggaji mereka hingga US$50/jam.

Skill: Pastinya penyayang hewan. Untuk mengenal karakteristik masing-masing hewan, banyak buku, video, dan seminar yang sudah membahas bagaimana menghadapi perilaku hewan.

4.TV Observer
Menonton televisi bisa mendapatkan gaji setiap bulannya? Bisa. Tapi enggak cuma sekedar menonton, Anda wajib merekam dan membuat transkrip percakapan. Selain dijadikan bahan riset, hasilnya juga dipakai untuk memenuhi kebutuhan para tuna rungu ketika menonton televisi. Salah satu perusahaan yang membuka lapangan pekerjaan adalah perusahaan riset Nielsen.

Skill: Mempunyai kemampuan untuk mengetik dengan cepat, serta daya tangkap dan konsentrasi yang tinggi. Bila menguasai bahasa asing, semakin tinggi pendapatannya.

5.Game Designer
Jika hobi main game dan merasa ada yang kurang dalam fitur-fiturnya, kembangin aja ide tersebut dan buat game sendiri. Jika berhasil terpublikasi, karya Anda bisa dihargai jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Skill: Mempunyai banyak ide kreatif, liar, dan enggak terbatas untuk menciptakan tokoh, alur permainan, dan fiturnya. Menurut Diorgo Jonkers seorang game desainer LumaArcade, penting agar informasi sebuah permainan mudah dimengerti dan bisa dinikmati oleh pemain. Anda juga harus kenal dengan teknologi dan ilmu programming.

6.Chocolatier
Hobi makan coklat? Anda bisa mempunyai karier yang berhubungan dengan makanan lezat yang satu ini. Misalnya saja menjadi Chocolatier alias chef yang mempunyai spesialisasi dalam bidang coklat. Tugasnya meramu dan menciptakan rasa dan coklat yang unik dan lezat. Selain chef, sebagai penikmat cokelat profesional pun bisa. Tugasnya menilai kualitas cokelat yang dihasilkan perusahaan cokelat, seperti mencicipi rasa, memeriksa kilau, dan menghirup aromanya.

Skill: Menjadi chef harus melewati pendidikan yang tidak sebentar. Harus mempunyai indera pengecap yang baik, pengetahuan tentang karakteristik cokelat berbagai negara, mengolah bahan dengan suhu tertentu, serta mengembangkan kreasi penampilannya seperti dengan seni ukir coklat.

7.Secret Shopper
Pekerjaan yang satu ini cocok bagi kita yang hobi belanja. Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan, misalnya menawarkan jasa sebagai “teman” belanja dengan memberikan rekomendasi terbaik ketika mencari suatu barang (terutama yang bernilai tinggi), menyiapkan kejutan untuk seseorang, “menolong” citra seseorang agar tidak kelihatan boros, serta menjadi “agen rahasia” untuk mengetahui kondisi dan trik bisnis sejenis. Biasanya seorang secret shopper mendapat bayaran sesuai komisi dari harga barang (baik dari pembeli maupun penjual) serta gaji bila bekerja untuk sebuah perusahaan.

Skill: Harus kenal berbagai merek dari yang paling murah hingga paling mahal, termasuk membedakan barang berkualitas tinggi dan yang palsu.

(Majalah Chic/Precilia Meirisa) kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..