Mau Berkompetisi dengan Pekerja Asing ? Ikuti Strategi Berikut Ini

Mau Berkompetisi dengan Pekerja Asing ? Ikuti Strategi Berikut Ini. Ada tantangan besar yang dihadapi pekerja Indonesia saat ini, tidak hanya berkompetisi dengan karyawan lokal tapi juga dari luar negeri.

Dulu, orang asing hanya mengincar posisi atas, sekarang mereka bersedia menduduki posisi menengah. Padahal dari segi kemampuan, skill para pekerja Indonesia sama bagusnya dengan pekerja asing.

Namun ada beberapa hal yang harus dimiliki agar bisa memenangkan kompetisi dengan mereka. Bernadette Themas, Managing Director Kelly Services Indonesia memberikan sejumlah strateginya berikut ini:

* Meningkatkan disiplin kerja.
Mereka bisa datang lebih pagi dan pulang lebih malam, taat pada tenggat waktu kerja bahkan bersedia kerja lembur.

* Sangat detil.
Pekerja asing terbiasa mencari informasi sekecil apa pun tentang satu hal. Ini membuat mereka terlihat sangat menguasai apa yang mereka kerjakan. Sementara pekerja Indonesia biasanya menggunakan helicopter view, hanya garis besarnya saja.

* Berani mengungkapkan pendapat.
Budaya Indonesia seringkali menghambat seseorang untuk berani mengungkapkan pendapat. Ini harus diubah. Sementara pekerja asing tak takut mengutarakan isi pikirannya sehingga selalu dilihat oleh rekan kerja maupun atasan.

* Berani “menjual” diri.
Tidak ada salahnya mempromosikan diri sendiri, menceritakan tentang keberhasilan maupun kegagalan. Orang Indonesia biasanya takut-takut. Kalau mau berkompetisi, sikap ini harus diubah.

* Mau multitasking.
Jangan takut menerima tugas di luar profesi alias multitasking. Anggap saja sebagai universitas tempat kita bisa menambah ilmu.

(Majalah Chic/Erika Paula) kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..