Power Pose : Untuk Cepat Naik Jabatan

Bijak – Beberapa tahun yang lalu, seorang psikologis bernama Amy Cuddy di Harvard Business School mempopulerkan “power pose” yaitu sebuah pose dimana tubuh diposisikan secara sengaja maupun tidak sengaja untuk menunjukan kepercayaan diri.

Cuddy menyarankan Anda untuk membuka tangan dengan lebar dan mengangkat dagu agar terlihat lebih kompeten dan menciptakan performa yang lebih baik.

Dua peneliti kini akan meyakinkan Anda untuk melakukan “power pose” sesering mungkin. Sebab, mereka baru saja menemukan bahwa wanita akan lebih berhasil untuk meminta sesuatu melalui pose ini daripada secara verbal.

Dengan mempelajari 71 penelitian mengenai reaksi terhadap ketegasan, Melissa J. Williams dari Emory University dan Larissa Tiedens dari Stanford’s Graduate School of Business mencaritahu bagaimana ketegasan wanita diterima oleh publik.

Mereka menemukan bahwa wanita seringkali dipenalti seperti dianggap bossy ketika bersikap tegas secara verbal, misalnya meminta kenaikan pangkat atau menyuruh seseorang untuk mengecilkan musiknya.

Di sisi lain, ketika wanita memberikan tanda-tanda ketegasan yang nonverbal, seperti mengambil lebih banyak ruang, menatap seseorang dari dekat dan memasang “power pose”; dia tidak dipenalti dan malah mendapatkan apa yang diinginkan dengan lebih mudah.

Menurut Williams, alasan wanita lebih sering berhasil ketika menggunakan cara nonverbal adalah karena proses interpretasi dari tanda-tanda tersebut terjadi di alam bawah sadar.

Dia menulis, “Ketika orang lain melihat wanita berdiri tegak dan berbicara dengan keras, mereka biasanya tidak secara sadar melabeli sikap tersebut sebagai sikap yang mendominasi – sehingga tidak memicu reaksi yang ketinggalan zaman, seperti bagaimana wanita ‘seharusnya’ bertindak.”

Namun, jika Anda tetap ingin bersikap tegas secara verbal, Williams dan Tiedens mengatakan bahwa ada satu area dimana wanita tidak dipenalti walaupun bersikap demikian, yaitu ketika kita meminta sesuatu untuk orang lain, misalnya bawahan Anda atau anggota tim.

Lalu, bagaimana jika Anda ingin meminta untuk diri sendiri? Sayangnya, Anda masih dianggap terlalu bossy oleh masyarakat.

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..