Tips CV ‘Curriculum Vitae’ Menarik Cantumkan Hal Berikut Ini

Bijak – Sebuah penelitian menemukan bahwa para perekrut dapat dengan cepat membuat penilaian dari kepribadian seorang pelamar kerja, hanya lewat sebuah aplikasi curriculum vitae (CV) yang dikirimkan. Para peneliti mengatakan bahwa kepribadian pelamar kerja yang terbaca lewat CV mereka sebenarnya hanya beperan kecil untuk kelanjutan dipekerjakan atau tidak. Namun, cukup berperan besar bagi pelamar kerja untuk dipanggil guna memenuhi proses wawancara.

Penelitian yang telah dipublikasikan di Journal of Business and Psychology ini dilakukan terhadap 122 perekrut yang diminta untuk mengevaluasi 37 CV mahasiswa. Hasilnya, para perekrut ini menyimpulkan kepribadian pelamar lewat lima sifat dasar, yakni: keterbukaan, konsistensi, senang berinteraksi, sikap mudah menerima, dan mudah depresi.

Hal penting lainnya yang dinilai oleh perekrut dari CV seorang pelamar adalah menempatkan pencapaian edukasi terlebih dahulu, sebelum pencapaian pekerjaan. Setelah itu baru menuliskan peran sebagai pemimpin dalam organisasi, dan memiliki kegemaran yang berkutat dengan petualangan. Dengan begitu Anda akan menampilkan kepribadian yang mudah bersosialisasi, dan lebih mudah diajak bekerjasama.

Dari sisi penulisan, CV yang memiliki spasi dua kali dinilai lebih menarik ketimbang satu spasi. Bagi pelamar kerja yang sering melakukan kegiatan sukarela ini juga dinilai lebih baik dalam berorganisasi ketimbang yang tidak pernah atau jarang menjadi sukarelawan.

Penulis penelitian Gary Burns dari Wright State University di Amerika Serikat mengatakan, bahwa para pencari kerja harus menghindari menulis CV dengan format tulisan yang tak biasa, dan jangan pernah menulis pernyataan atau pendapat pribadi dalam CV yang siap disebarkan.

Sumber : Dailymail, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..