Tips Mencari Pekerjaan Bagi Anda Yang ‘Merantau’

Tips Mencari Pekerjaan Bagi Anda Yang ‘Merantau’ Merasa asing tinggal sendirian di tempat baru merupakan hal wajar kala Anda memberanikan diri merantau setelah meraih gelar sarjana. Akan tetapi, hal ini sebaiknya tidak menjadi penghambat bagi Anda yang benar-benar ingin mencari pekerjaan di kota yang asing. Berikut beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk tak lagi merasa asing ketika mencari pekerjaan saat merantau seorang diri.

Mencoba sesuatu yang “berani”
Hidup sendiri di tempat asing tak perlu dimaknai sebagai keterpurukan, tetapi sebagai kesempatan untuk mengeskplorasi diri. Carilah informasi mengenai komunitas yang sedang berkembang di tempat tinggal. Jangan ragu untuk bergabung di dalamnya, terjun di bidang yang belum pernah digeluti sebelumnya, dan bersosialisasi dengan orang-orang baru. Dengan memperbanyak relasi, Anda berkesempatan untuk mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan.

Lebih produktif sebelum bekerja
Sambil menunggu pekerjaan tetap, tidak ada salahnya Anda mengisi waktu luang untuk semakin memperkaya diri. Daftarkan diri sebagai relawan di lembaga swadaya masyarakat atau menjadi pekerja paruh waktu sesuai kemampuan yang dimiliki. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengambil kesempatan sebagai pekerja magang di sebuah perusahaan untuk jangka waktu tertentu. Pengalaman ini tentu lebih produktif dibandingkan membuang waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang menghabiskan pengeluaran.

Melacak relasi
Salah satu hal yang membuat seseorang merasa sendiri di kota asing adalah ketidaktahuan bahwa ada relasi yang sebenarnya berada di sekitarnya. Untuk mencari kepastiannya, cobalah melacak kembali keberadaan kerabat, misalnya melalui forum alumni. Akan lebih menguntungkan lagi jika forum tersebut memiliki kebiasaan berbagi informasi mengenai kesempatan kerja yang lebih beragam sesuai kapabilitas anggotanya.

Selain itu, cari juga berbagai informasi di internet mengenai acara-acara yang sedang berlangsung, seperti pameran kesenian, seminar bahkan festival music. Tidak menutup kemungkinan jika Anda bertemu relasi baru di acara tersebut dan mendapat informasi mengenai lowongan pekerjaan. [GPW]

Sumber: Kompas Cetak, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..