5 Tips Tetap Kaya di Saat Tua

BANYAK orang yang gagal mengatur keuangan pribadi meskipun saat muda kaya raya. Hasilnya, mereka yang gagal ini kelak akan menjadi orang miskin karena menginvestasikan uang dengan cara yang salah, mengelola secara serabutan atau memang boros. Jika ingin kaya hingga tua nanti, intip yuk 5 cara paling jitu ini.

1. Tetapkan tujuan keuangan yang jelas
Saat menjalankan batasan anggaran keluarga, jangan hanya memenuhi keinginan relatif kecil seperti membeli gadget, furnitur. Atur juga pengeluaran jangka panjang seperti menabung untuk liburan, pendidikan, rumah baru atau tabungan hari tua.

2. Tetapkan tujuan konkret
Saya ingin menjadi kaya saat usia tertentu. Misalnya ingin memiliki uang di rekening US$184.000 pada usia 50 tahun dan mendapatkan US$19.000 per tahun sebagai bunga. Caranya bekerja keras dan disiplin dalam keuangan. Tahan godaan untuk membeli barang secara kredit atau utang.

3. Melacak pengeluaran
Setiap hari sebelum tidur, tuliskan pengeluaran hari itu. Anda bisa menggunakan beberapa piranti lunak keuangan untuk mendapatkan hasil seakurat mungkin. Setelah dua bulan, analisis catatan pengeluaran dan tarik kesimpulan berapa banyak uang yang dihabiskan. Anda pun bisa memperkirakan pengeluaran yang bisa dihindari.

4. Kontrol anggaran
Bersama pasangan Anda bisa mengontrol pengeluaran sembrono. Lakukan yang terbaik untuk meyakinkan pasangan demin menjalani kehidupan stabil Anda harus berhemat.

5. Belanja sesuai budget
Jangan besar pasak daripada tiang. Maksudnya terlalu memaksakan diri mengikuti mode membeli mobil mahal, pakaian dan makan di restoran high-end dengan meminjam uang. Akibatnya utang cenderung tumbuh seperti bola salju.

sumber: mediaindonesia.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..