Cara Memanjakan Diri dengan Anggaran Sepantasnya

Setelah seharian bekerja, tentunya Anda perlu sesekali memanjakan diri. Kapan, di mana, dalam bentuk apa dan berapa anggaran yang pantas untuk memanjakan diri?

Memanjakan diri dapat Anda lakukan dalam berbagai format dan bentuk. Mulai dari mengunjungi coffee shop kesukaan, bermain bowling di arena favorit, melakukan perjalanan wisata ke daerah eksotik, atau sekadar melakukan shopping barang idaman.

Memanjakan diri secara rutin boleh Anda lakukan setiap bulan, dengan anggaran 2,5 persen dari penghasilan. Nikmati suasana pemanjaan diri Anda secara optimal dengan dana yang sudah dialokasikan. Seandainya dana tersebut tidak cukup, maka tabunglah dan akumulasikan hingga mencapai jumlah tertentu, untuk membayar kebutuhan entertainment diri Anda.

Apa pun bentuk pemanjaan diri, dapat Anda lakukan dengan beberapa kondisi berikut ini:

  1. Entertainment diri merupakan sebuah apresiasi atau hadiah kepada diri sendiri, setelah mencapai atau berhasil melakukan sebuah pekerjaan hebat. Entertainment diri dilakukan di belakang dan bukan di depan, karena sifatnya ganjaran atau reward.
  2. Melakukan entertainment diri dapat Anda lakukan sesuai dengan kesukaan dan waktu yang dimiliki. Dapat Anda lakukan dalam periode dua jam selama satu minggu. Tentunya sesuai dengan karya atau prestasi yang telah Anda capai.
  3. Lalu bentuknya bisa dalam wujud barang atau suasana, semuanya sangat ditentukan pada anggaran, prestasi dan waktu yang Anda miliki.
  4. Dana yang dialokasikan untuk memanjakan diri sangat beragam. Mulai dari 2,5 persen dari gaji setiap bulan, hingga 25 persen dari bonus pencapaian prestasi Anda. Misalnya, karena Anda berhasil melakukan pekerjaan ekstra, Anda diberikan bonus produksi sekitar Rp 10 juta di luar gaji. Maka Anda boleh menggunakan sebesar 25 persen atau Rp 2,5 juta untuk menghibur diri sendiri.
  5. Pilihlah aktivitas yang produktif dan menyegarkan kembali jiwa dan raga. Hindarkan memanjakan diri pada hal negatif dan membahayakan masa depan Anda.

(Freddy Pieloor, CFP, Financial Planner), kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..