Trik Memakai Fasilitas “One Bill” Kartu Kredit

Pernah mendapat tawaran One Bill dari bank penerbit kartu kredit? One Bill adalah fasilitas pembayaran berbagai tagihan pribadi dan rumah tangga, yang dijadikan satu dan dibayarkan melalui tagihan kartu kredit. Pihak bank penerbit kartu kredit akan membayarkan tagihan listrik, air, televisi kabel, telepon rumah, ponsel, premi asuransi dan tagihan lainnya, sehingga Anda tidak perlu repot dan mengalokasikan waktu untuk membayar seluruh tagihan tersebut di atas.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan cermat sebelum memutuskan menggunakan fasilitas ini:

  1. Kala Anda memberitahu nomor-nomor telepon rumah dan genggam (ponsel), berarti Anda paham bahwa data nomor-nomor tersebut dapat saja menyebar ke seluruh Indonesia. Data yang Anda berikan ini sering diperjualbelikan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab dalam dunia perbankan, entah diketahui atau tidak oleh manajemen bank tersebut (tapi yang pasti tidak ada yang mau mengaku).
  2. Pastikan memiliki dana pada rekening bank Anda, dan saat tagihan kartu kredit tiba, langsung bayar secara lunas, entah melalui cara manual (ATM) atau memakai auto debit rekening tabungan. Bayar lunas seluruh tagihan One Bill, jangan sisakan karena bulan depan tagihan biaya baru akan menjadi beban Anda.
  3. Pastikan seluruh tagihan tersebut masih menjadi tanggung jawab Anda, dan segera hubungi pihak bank untuk mencoret atau menghapus tagihan tertentu dari One Bill saat Anda sudah tidak memakai nomor ponsel tertentu, atau Anda sudah pindah rumah (telepon rumah, listrik, televisi kabel dan air).
  4. Khusus kasus pembayaran premi asuransi, terutama unit link (bila Anda memilikinya), sebaiknya Anda langsung alokasikan dan dedikasikan dari bagian gaji Anda setiap bulannya. Pastikan premi asuransi ini Anda lunasi setiap bulan, dan jangan bayar minimal tagihan kartu kredit saja.

Pembayaran penuh tagihan kartu kredit One Bill terkait premi asuransi memastikan polis pertanggungan Anda tetap berjalan dengan semestinya. Bila merasa berat dan kurang yakin akan kemampuan Anda membayar setiap bulan tagihan unit link Anda, jangan masukkan tagihan ini dalam One Bill kartu kredit. Bayar saja secara terpisah dan tunai dengan menyetorkan premi tersebut ke rekening perusahaan asuransi.

Jadi sebelum memutuskan tagihan mana saja yang Anda masukkan dalam One Bill, pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya bagi diri Anda. Mungkin One Bill memang bisa memudahkan Anda, namun dapat juga menyesatkan dan menyesakkan diri. Jadi, semuanya kembali pada Anda. Silakan putuskan.

Narasumber: Freddy Pieloor, CFP, financial planner, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..