Ini Dia 5 Miliarder Muda di Dunia

Bijak – Kekayaan tidak hanya dimiliki oleh mereka yang telah lama hidup dan bekerja seumur hidup. Banyak orang-orang muda yang karena bakat, kemampuan atau warisan bisa menjadi orang-orang sukses dan kaya.

Berikut adalah daftar lima orang paling muda dan terkaya di dunia:

1. Dustin Moskovitz, 30 tahun
Dustin Moskovitz menunjukkan penampilan yang berbeda setelah menjadi orang ketiga yang ikut membangkitkan dan membesarkan media sosial Facebook. Moskovitz membantu meluncurkan perusahaan tersebut bersama teman sekamar dan sahabatnya, Mark Zuckerberg, dari asrama mereka di Harvard. Keduanya harus putus kuliah dan pindah ke Palo Alto untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Karirnya di Facebook berakhir pada 2008 ketika dia keluar untuk memulai bisnis sendiri, sebuah perusahaan software bernama Asana. Dia juga bekerja bersama istrinya di Good Ventures, yang memberikan jutaan dolar untuk kegiatan amal setiap tahunnya. Dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar US$ 7,9 miliar, Moskovitz masih bersepeda ke tempat kerja dan naik penerbangan komersial seperti biasanya.

2. Mark Zuckerberg, 30 tahun
Anda tahu daftar ini tidak akan lengkap tanpa Mark Zuckerberg kan? Dia cukup tampan sebagai seorang miliarder muda. Dunia terpesona dengan kesuksesannya. Zuckerberg adalah jebolan Harvard yang memulai bisnis dan membangun raksasa yang kita kenal sekarang sebagai Facebook. Dan dia tidak berhenti di sana. Dia terus tumbuh, membeli bisnis baru dan investasi lebih banyak uang. Total kekayaannya saat ini sekitar US$ 33,4 miliar membuatnya menjadi orang terkaya ke-16 di dunia. Sebagian besar kekayaan didapatnya sebelum ia genap berusia 30 tahun.

3. Julio Mario Santo Domingo III, 29 tahun
Bir dingin? Orang-orang menyukainya. Itu salah satu produk yang oleh banyak budaya di seluruh dunia dapat menerimanya. Tapi adakah yang menyukai bir lebih dari Julio Mario Santo Domingo III?

Ia adalah pewaris bir Santo Domingo. Karena warisan yang didapat dari bisnis kakeknya, ia diperkirakan memiliki kekayaan sebesar US$ 2,2 miliar. Julio tinggal di sebuah apartemen senilai Rp 5 miliar di New York. Ia bekerja sebagai DJ. Hampir setiap malam, dia sibuk mempromosikan kelompoknya dan menjalani kehidupan yang dia impikan. Adiknya, Tatiana dan dua pamannya juga menjadi miliarder berkat warisan bir Santo Domingo.

4. Bobby Murphy, 26 tahun
Bobby Murphy adalah putra dari pasangan pegawai negeri. Ia merupakan senior di Stanford University ketika ia berkumpul dengan teman-temannya dan menciptakan SnapChat. Murphy saat itu sedang belajar matematika dan sains saat dirinya, Evan Spiegel dan Reggie Brown–yang adalah anggota Kappa Sigma persaudaraan–berkumpul dan menciptakan sebuah aplikasi yang awalnya mereka sebut Picaboo. Aplikasi itu kurang berkembang. Kemudian, Murphy dan Spiegel mengubah citra aplikasi ke dalam apa yang sekarang dikenal sebagai SnapChat. Karena itu, dia sekarang memiliki kekayaan sekitar US$ 1,5 miliar di usia yang baru 26 tahun.

5. Even Spiegel, 24 tahun
Sulit untuk membayangkan setelah lulus kuliah dan langsung menjadi CEO. Tapi Even Spiegel seolah mewujudkannya dengan mudah. Bermitra dengan orang nomor dua di daftar ini, Spiegel dan Murphy melakukan gebrakan besar dengan apilkasi pesan foto mereka, Snapchat.

Spiegel belajar desain produk di Universitas Stanford saat bertemu Murphy di persaudaraan rumah Kappa Sigma. Seperti disebutkan sebelumnya, aplikasi awal mereka bernama Picaboo gagal. Tapi ketika mereka kemudian menamainya Snapchat, aplikasi tersebut laku. Spiegel telah menolak tawaran pembelian US$ 3 miliar dari Facebook dan penawaran perusahaan lain yang menembus angka US$ 19 miliar.

Spiegel yang tidak tertarik menjual perusahaan, mengatakan bahwa sangat sedikit orang bisa memiliki bisnis seperti ini. Menurut dia, menjualnya untuk tujuan jangka pendek akan sangat tidak menarik. Kekayaan Spiegel bernilai lebih dari US$ 1,5 milyar, membuatnya menjadi miliarder termuda di dunia saat ini. (as/tempo.co)

Menjual dan Menyewakan Media Display

..