Manajemen Waktu Kunci Terhindar dari Stres

Manajemen Waktu Kunci Terhindar dari Stres. SEBAGAI pekerja profesional, Anda mungkin merasa selalu kekurangan waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas yang menggunung. Jika sudah demikian, Anda pun bisa kewalahan dibuatnya.

Padahal, dengan manajemen waktu yang baik, masalah itu dapat dihindari dan Anda pun terhindar dari stres. Dengan mengembangkan teknik dan strategi untuk mengelola waktu secara efektif, Anda akan mengurangi tekanan pekerjaan dan menciptakan lebih banyak waktu luang bagi diri sendiri dan keluarga.

Mengatur kantor
Kantor merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi manajemen waktu. Kantor yang tertata dengan baik dan benar dapat membantu Anda menyelesaikan tugas secara lebih efisien dengan lebih sedikit stres.

Pastikan area kerja Anda memiliki sebuah kursi yang dirancang dengan baik untuk menghindari sakit punggung, pencahayaan memadai untuk mengurangi kelelahan mata, serta ruang kerja cukup luas untuk mengakomodasi Anda dan peralatan Anda.

Mengelola dokumen
Berbagai dokumen perlu diorganisasikan dengan baik sehingga Anda tidak perlu bersusah payah mencari suatu dokumen tertentu dalam lautan kertas. Untuk menghindari rasa frustrasi, atur tumpukan dokumen Anda dengan mengurutkannya dalam kategori aksi, informasi, baca, dan buang. Lalu, prioritaskan dokumen-dokumen Anda.

Selain itu, segeralah menyelesaikan tugas yang mudah, sehingga Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk proyek yang lebih menantang dan memakan waktu.

Berkomunikasi dengan kolega
Berkomunikasi secara efektif dengan kolega merupakan langkah penting agar Anda dapat mengelola waktu dengan baik. Jika email internal tersedia di kantor, gunakan fasilitas tersebut sesering mungkin sebagai metode komunikasi yang cepat, efisien, dan hemat biaya.

Jika Anda menggunakan telepon, rencanakan terlebih dulu panggilan Anda. Mengetahui apa yang ingin Anda katakan atau ketahui merupakan salah satu strategi untuk membuat panggilan telepon itu efisien dan tidak bertele-tele.

Merencanakan hari
Merencanakan rutinitas harian dapat membuat Anda menggunakan waktu secara efisien. Hal itu bisa membantu Anda melacak apa yang dilakukan dan memungkinkan Anda untuk fokus pada tugas-tugas tertentu.

Susun daftar hal-hal yang harus dilakukan setiap hari dan prioritaskan pekerjaan sesuai tingkat urgensi dan kepentingan. Berikan kerangka waktu untuk setiap proyek. Simpan catatan waktu setiap hari untuk membantu Anda membuat daftar pekerjaan berikutnya lebih akurat.

Gunakan waktu sebaik mungkin. Cari tahu kapan waktu terbaik bagi Anda untuk bekerja, dan gunakan waktu itu untuk mengerjakan pekerjaan yang paling menantang.

Pastikan diri tetap fleksibel. Sisihkan sejumlah waktu ekstra dalam jadwal untuk berjaga-jaga jika ada pekerjaan yang tidak terduga.

Jangan terlalu memaksakan diri
Banyak orang menciptakan situasi stres dengan terlalu memaksakan diri sendiri. Menghindari hal ini bisa jadi sulit, karena tiap orang umumnya ingin dirinya dan pekerjaannya dihargai oleh orang lain.

Jika perlu, bahas kemungkinan untuk mengubah tenggat waktu guna mengakomodasi proyek-proyek lain yang lebih mendesak. Komunikasi dan negosiasi yang baik biasanya dapat memecahkan masalah penjadwalan.

sumber: mediaindonesia.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..