3 Tips Mendapatkan Pekerjaan untuk “Fresh Graduate”

Pengalaman kerja seringkali dijadikan referensi saat melamar pekerjaan. Lantas bagaimana dengan para fresh graduate, yang boleh jadi tak punya banyak pengalaman namun memiliki kualitas dan kompetensi yang setara. Simak kiat untuk para fresh graduate agar mendapatkan pekerjaan lebih mudah.

1. Indentifikasi posisi yang paling cocok dengan profil Anda.
Buat daftar kelebihan Anda, tulis semua pengalaman yang Anda miliki, besar atau kecil seperti pengalaman magang, bekerja paruh waktu, dan lainnya. Semua pengalaman itulah yang nantinya diperhitungkan oleh rekruiter. Lalu, introspeksi dan indentifikasi posisi apa yang cocok dengan keterampilan dan minat Anda.

2. Bangun jejaring dengan orang yang bisa menjadi mentor.
Memasang profil di situs pencarian kerja bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan pekerjaan. Bangun jejaring dengan orang-orang yang bisa mengarahkan Anda untuk bisa magang dengan bayaran atau posisi yang relevan.

Jangan ragu untuk meminta saran dari mentor, senior yang sudah bekerja atau bahkan teman-teman orangtua Anda. Diskusikan minat Anda dan cara terbaik membuat terobosan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

3. Gunakan sosial media untuk memasarkan diri.
Punya akun LinkedIn? Jika tidak, buatlah sekarang juga dan isi dengan informasi yang relevan. Bukan hanya informasi pendidikan, pengalaman magang dan pengalaman kerja lain, tapi juga minat Anda.

Pelajari cara menggunakan Facebook dan Twitter dengan cara cerdas. Anda bisa mendapatkan pekerjaan dari sosial media asalkan menggunakan semua situs jejaring sosial tersebut dengan tepat.

(Majalah Chic/Erma Dwi Kusumastuti), kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..