4 Tips Jitu Berbicara di Forum

Tak semua orang memiliki kemampuan untuk berbicara di depan umum dengan baik. Bahkan tak sedikit orang yang tak mampu menguasai diri dengan baik saat diminta berbicara di depan forum. Apapun forumnya, berapa pun jumlah orang di dalamnya, Anda bisa melatih diri sendiri untuk memiliki kemampuan public speaking ini. Anda hanya perlu memahami caranya, dan banyak berlatih.

Model, penulis, mantan presiden direktur label fashion ternama di Amerika Serikat, Kimora Lee Simmons berbagi kiat yang ditulisnya dalam buku berjudul Fabulosity What It Is & How to Get It.

Ada empat hal yang harus Anda lakukan agar sukses berbicara di depan umum, kata Kimora, berikut sarannya:

1. Tambahkan humor.
Kepribadian yang humoris sebenarnya membantu Anda untuk lebih mudah menguasai forum saat berbicara di depan umum. Cobalah untuk rileks, tak ada salahnya untuk melucu asal jangan sok lucu, tunjukkan kepribadian apa adanya. Cara-cara seperti ini membuat Anda mampu mengurangi ketegangan saat berbicara di depan forum. Apalagi jika Anda mampu memancing tawa dari audience, hal ini akan membuat Anda lebih tenang dan rileks, dan suasana pun mencair sehingga semua hal berjalan lancar.

2. Fokus pada “audience”.
Alihkan perhatian Anda dari diri sendiri kepada para audiens di forum tersebut. Jangan memikirkan bagaimana penampilan Anda, suara, postur, dan berbagai hal tentang diri Anda yang justru akan menimbulkan perasaan tertekan.

Lebih baik fokus pada kebutuhan audiens Anda dan berempatilah. Pikirkan apa yang sebenarnya ingin didengar audiens Anda. Kenali siapa audiens Anda, apa yang membuatnya mau datang dan mendengarkan Anda. Tujuan Anda adalah berbagi pengalaman menarik kepada mereka.

3. Berlatih.
Tak ada salahnya berbicara pada diri sendiri, seperti di depan cermin misalnya. Berlatih public speaking juga bisa dilakukan sendirian. Misalnya, berbicara keras dalam sebuah ruangan sehingga Anda bisa mengenali suara Anda sendiri. Dengan begitu, Anda merasa akrab dengan suara Anda sendiri, mengenalinya, dan tak jadi ketakutan ketika mendengar suara Anda sendiri saat berbicara di depan umum dengan menggunakan pengeras suara misalnya.

4. Berakting.
Saat berbicara di depan umum, tak ada salahnya sedikit berakting. Anda boleh mengadopsi atau bahkan meniru cara bicara pakar public speaking ternama atau favorit Anda. Berpura-pura lah menjadi seperti dirinya untuk beberapa hal, seperti bahasa tubuhnya saat berbicara atau tipe suaranya. Menjadi diri sendiri memang penting, namun tak ada salahnya meniru beberapa gaya bicara orang lain yang memang mahir dan andal dalam public speaking.

Berani mencoba?

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..