5 Langkah Menuju Perubahan Karier

BOSAN menghadapi klien yang sulit setiap hari, atau muak menjadi budak pekerjaan yang tidak menyisakan waktu luang untuk Anda sekadar beristirahat? Sama seperti keputusan hidup lainnya, perubahan karier juga membutuhkan waktu dan pertimbangan masak terlebih dahulu.

Hidup adalah tantangan, dan dunia di sekitar selalu berubah. Jika Anda merasa perubahan karier adalah jalan keluar yang tepat, persiapkan diri dengan langkah demi langkah berikut ini:

Hasrat dan minat
Ketahui hal apa saja yang Anda sukai dan tidak sukai. Banyak orang berniat mengubah karier karena tidak menyukai pekerjaan, atasan, atau perusahaan tempat mereka bekerja. Namun, Anda tidak bisa menentukan arah perubahan jika tidak menentukan hasrat dan minat yang sesungguhnya.

Daftar karier dan riset
Buat daftar karier yang mencuri minat Anda dan berkisar di sekitar bidang yang Anda sukai. Pastikan untuk menindaklanjutinya dengan sejumlah riset, misalnya tentang keahlian apa saja yang dibutuhkan sampai berapa gaji untuk pemula.

Berburu pekerjaan
Ambil daftar karier yang Anda buat dan mulailah berburu pekerjaan. Cari pekerjaan di sekitar kota tempat Anda tinggal atau kota tetangga. Prioritaskan pekerjaan yang banyak dibutuhkan, dan coret pekerjaan yang tidak menunjukkan potensi bagus untuk berkembang.

Pelatihan dan pendidikan
Anda mungkin perlu menambah keahlian dan memperluas wawasan agar mampu bersaing di bidang baru. Misalnya dengan mengambil kursus singkat, atau bahkan melanjutkan pendidikan demi meraih gelar atau sertifikasi.

Menjalin jaringan
Satu kunci penting demi menjamin kesuksesan perubahan karier adalah kemampuan Anda dalam menjalin jaringan. Orang-orang yang Anda kenal mungkin bisa memberikan petunjuk soal lowongan pekerjaan, memberikan saran atau informasi tentang perusahaan atau industri tertentu, dan mengenalkan Anda kepada orang lain sehingga memperluas jaringan.

Penulis : Yulia Permata Sari, mediaindonesia.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..