Agar Bisa Mencapai Tujuan Ikuti 5 Aturan Membuat Resolusi

Agar Bisa Mencapai Tujuan Ikuti 5 Aturan Membuat Resolusi. Jelang pergantian tahun, sebagian orang kembali menyusun resolusi atau life plan untuk mencapai tujuan setahun ke depan di berbagai sisi kehidupannya.

Rene Suhardono, CareerCoach dan penulis buku Your Job is NOT Your Career & UltimateU, mengingatkan saat membuat resolusi pastikan apa yang dituliskan tersebut berasal dari dalam hati. Resolusi juga membantu mencapai tujuan jika Anda mengenali apa yang menjadi passion dalam hidup. Ia melanjutkan, untuk membuat resolusi, perhatikan lima aturannya:

1. Kehendak bebas.
Buatlah resolusi atas kehendak Anda sendiri bukan paksaan dari orang lain. Pastikan Anda menyusun resolusi dengan pikiran yang mandiri, atas kemauan sendiri, karena hanya Anda yang paling tahu apa yang Anda impikan dalam hidup.

2. Keyakinan.
Untuk menapaki perjalanan sepanjang tahun, Anda butuh keyakinan. Yakin Anda bisa berdaya untuk diri sendiri dan orang lain, juga yakin bahwa Anda juga tidak bisa mengandalkan diri sendiri untuk mencapai tujuan. Jalani proses mencapai tujuan dengan resolusi sebagai panduannya, dengan senyum tulus. Apa pun yang akan hadapi nantinya. Tak ada jaminan akan keberhasilan, tapi dengan dengan keyakinan, Anda bisa berproses mewujudkan rencana hidup.

3. Have fun!
Apa yang membuat Anda merasa bahagia? Temukan cara merasakan bahagia saat mengarungi perjalanan mencapai tujuan hidup. Pastikan Anda melakukan sesuatu dengan rasa bahagia. Dengan begitu resolusi Anda tak sekadar menjadi catatan rencana untuk tahun depan, tapi sesuatu yang Anda mampu wujudkan dan jalani. Untuk bisa menemukan rasa bahagia dalam menjalani resolusi, tingkatkan kepekaan dan jangan hanya mengandalkan pikiran.

“Pikiran memang powerful tapi punya keterbatasan, jadi rasakan apa yang Anda jalani, have fun dengan prosesnya,”jelas Rene dalam talkshow “Life Resolution” di Jakarta, beberapa waktu lalu.

4. Berani.
Mewujudkan impian membutuhkan keberanian. Termasuk keberanian untuk menjalani apa yang menjadi passion dalam hidup. Karenanya, saat menyusun resolusi, butuh keberanian dari dalam diri untuk menuliskannya dan berproses mewujudkannya.

Rene menyarankan untuk berhati-hati sebelum menentukan resolusi, hati-hati dengan pikiran. Karena apa yang Anda pikirkan bisa menjadi nyata.

Dengan berhati-hati, beranikan diri untuk menyusun rencana hidup Anda tahun depan, juga beranikan diri untuk berproses mewujudkannya.

5. Fokus pada dampak.
Bayangkan jika Anda mampu berdaya untuk diri sendiri dan orang lain, dengan resolusi yang Anda buat. Dampak besar apa yang bisa Anda berikan untuk orang lain dengan rencana hidup Anda. Dengan begitu Anda akan bersemangat membuat resolusi dan membuktikan Anda mampu mewujudkannya.

“Resolusi adalah hal besar tentang Anda, semua terserah kepada Anda,” ungkapnya.

Apakah Anda ingin melakukan hal kecil padahal Anda berdaya melakukan hal besar dalam hidup? Hanya Anda yang tahu jawabnya.

sumber: kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..