Inilah 10 Tips Menjadi Pemimpin yang Menyenangkan

Bijak – Banyak orang berpendapat bahwa bisnis dan masalah pribadi merupakan 2 hal yang berbeda, namun apakah memang benar begitu?

Keterampilan jelas merupakan prioritas yang dibutuhkan di lingkungan kerja, namun perasaan pribadi juga mengambil peran yang cukup banyak terhadap bagaimana Anda akan diterima di kantor.

HuffingtonPost pernah menuliskan bahwa penelitian tentang ketertarikan ditemukan di dalam kepribadian yang baik, seperti kepercayaan, kejujuran, kehangatan, dan yang paling penting adalah kebaikan. Diluar itu ada kecerdasan dan rasa humor yang mengambil peran cukup besar.

Ini menunjukkan bahwa keterampilan untuk bersosialisasi adalah hal yang penting untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam memimpin. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi seorang pemimpin yang menyenangkan, seperti dilansir dari yourdailydish.

1. Jalin Hubungan Pribadi
Luangkan waktu Anda untuk menjalin hubungan pribadi melalui pembicaraan face to face dengan semua orang, ini akan membuat mereka merasa penting dan dihargai. Hubungan pribadi dapat membantu Anda untuk membangun kepercayaan dan respek di antara Anda dan bawahan Anda.

2. Jadilah Orang yang Mudah Didekati
Orang-orang menyenangi seorang pemimpin yang siap sedia membantu lainnya. Perlakukan orang lain dengan adil apapun jabatan mereka di perusahaan.

3. Tetap Rendah Hati
Bersikap berlebihan daripada orang lain tidak akan menghasilkan rasa respek dari siapapun seperti yang Anda butuhkan atau inginkan. Pertimbangkan peran Anda di setiap kesuksesan maupun kegagalan.

4. Jadilah Dermawan
Jadikan diri Anda sebagai orang yang akan dicari oleh orang lain ketika mereka sedang membutuhkan bimbingan dan bantuan.
Seorang pemimpin melakukan pendekatan dengan belajar memandu dan menjelaskan untuk hasil yang sukses.

5. Bersikap Positif
Jaga ketenangan diri Anda dalam situasi negatif. Anda harus mampu menghadirkan harapan dalam visi Anda dan memberi pemahaman bahwa beberapa hal perlu ditingkatkan lagi. Ini akan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

6. Memiliki Integritas
Jangan biarkan diri Anda hanya bisa bicara dan bicara. Membuktikan perkataan Anda dan bersikap jujur akan membuat orang lain tahu bahwa Anda adalah orang yang dapat dipercaya.

7. Kemampuan Menganalisa Orang Lain
Sebenarnya, membaca orang sama seperti Anda membaca buku. Luangkan waktu Anda untuk mengevaluasi dan menganalisa orang-orang yang ada di sekitar Anda. Untuk mengasah kemampuan ini, Anda bisa mulai memperhatikan ekspresi wajah dan gerak tubuh, dan ini akan memberitahu Anda banyak hal tentang kepribadian seseorang.

8. Mengakui Potensi
Pemimpin yang menyenangkan dapat melihat potensi orang lain dan mendorong mereka untuk terus mengasahnya.

9. Jadilah Cerdas
Pengetahuan adalah kekuatan Anda. Pastikan Anda berhubungan dengan orang-orang yang kritis dan bersedia untuk memahami cara belajar dan berkomunikasi dari berbagai macam karakter orang.

10. Seimbang
Anda harus mampu mengakui keberhasilan, namun juga mampu mengevaluasi kesalahan dan memberikan pemahaman bagaimana kesalahan bisa saja terjadi di masa yang akan datang. Pemimpin yang menyenangkan mampu mengajarkan orang lain untuk merayakan kemenangan dan belajar dari kekalahan.

sumber: liputan6.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..