Inilah 4 Tips : Ambil Nilai Positif dari Sebuah Kegagalan

Bijak – Tak ada manusia yang luput dari kesalahan. Semua manusia pasti pernah berbuat salah dan juga mengalami kegagalan. Sayangnya, tidak semua orang bisa move on dengan mudah dari masalah-masalah ini.

Anda perlu menyadari bahwa terus mengingat kegagalan masa lalu dan membiarkan kesalahan hanya akan menghalangi langkah untuk maju. Inilah pentingnya Anda harus membingkai ulang pandangan tentang kesalahan dan kegagalan yang bisa membantu Anda merasa lebih positif dan bahagia.

1. Tidak ada kesalahan dan kegagalan, hanya sebuah pelajaran hidup
Anda pasti pernah mendengar ungkapan “Di balik setiap masalah pasti ada hikmahnya’. Setiap kesalahan yang dibuat dalam hidup adalah kesempatan untuk tumbuh dan belajar. Dengan berbagai hikmah baru ini, Anda akan tumbuh dewasa dan belajar banyak sehingga Anda bisa mengambil langkah tambahan penting yang dibutuhkan.

2. Kesalahan tidak mendefinisikan diri jati diri Anda
Sekalipun pernah berbuat salah dan akhirnya gagal, jangan biarkan perasaan frustasi ini menggerogoti pikiran. Jangan biarkan kesalahan menjadi cap diri bahwa Anda itu bodoh dan menyedihkan.

3. Kesalahan terbesar adalah ketakutan untuk salah dan gagal
Salah satu hal yang paling umum terjadi adalah orang terlalu senang berada di zona nyaman. Akibatnya mereka akan takut untuk bertindak atau melakukan hal-hal baru karena takut gagal. Kesalahan dan kegagalan adalah bagian penting dari sebuah proses pengembangan diri untuk mencapai kesuksesan.

4. Kesalahan mengarah pada sebuah terobosan
Kesalahan adalah lahan subur di mana banyak peluang baru akan tumbuh. Sebelum Thomas Edison menemukan bola lampu, ada seseorang yang bertanya apakah mereka merasa gagal. Namun ia berkata, “Saya tidak gagal. Saya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak berhasil untuk alat ini.”

Cobalah untuk mengubah cara panjang Anda tentang kesalahan dan kegagalan. Melihat kesalahan sebagai kegagalan akan mencegah Anda mencapai kesuksesan dan kebahagiaan. Selalu ada banyak jalan untuk bisa memperbaiki kesalahan dan membuatnya jadi sebuah inovasi baru. Semakin banyak kesalahan yang Anda buat, semakin besar terobosan yang menanti Anda.

Sumber :GALTime, kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..