Inilah 4 Tips Dapatkan Kesempatan Magang

Magang dapat menjadi awal yang baik sebelum terjun sepenuhnya ke dunia kerja. Magang juga bukan hanya untuk mahasiswa namun juga bisa untuk pemula atau fresh graduate yang ingin mencari pengalaman kerja. Kesempatan magang bertabur di mana-mana. Jangan tunda untuk bergabung di perusahaan impian dengan cara:

1. Cek situs perusahaan.
Beberapa perusahaan biasanya membuka kesempatan magang lewat situs resmi perusahaan. Jadi, jangan cuma mengecek Twitter atau Facebook saja kalau sedang internetan. Rajin-rajinlah mengunjungi situs perusahaan impian. Kalau tidak juga menemukan informasi magang di situs tersebut, coba kontak perusahaan tersebut via telepon dan tanyakan apakah mereka membuka kesempatan magang.

2. Tanya kepada akademik kampus.
Untuk mempermudah akses, perusahaan yang membutuhkan tenaga magang juga sering mendatangi kampus-kampus. Selain menawarkan kesempatan, mereka juga sering mengadakan seminar untuk memperkenalkan perusahaan mereka. Jangan ragu untuk datang ke acara seperti ini karena Anda bisa tahu lebih banyak mengenai posisi magang yang dibutuhkan dan kriteria yang dicari. Sempatkan juga menengok majalah dinding kampus, siapa tahu ada poster penawaran magang tertempel di sana.

3. Datang ke bursa kerja.
Bila Anda ingin magang di perusahaan asing, datangi bursa kerja dan pameran pendidikan. Selain menawarkan beasiswa, perusahaan asing juga menawarkan kesempatan magang. Jangan lupa langsung bawa CV dan portfolio Anda dalam dua bentuk, yaitu soft dan hard copy. Sehingga begitu ada lowongan yang sesuai dengan minat, Anda bisa langsung melamar.

4. Dosen, senior, dan teman.
Sesekali bersilaturahmi dengan dosen atau senior itu perlu, apalagi kalau Anda sedang butuh informasi magang. Tidak sedikit dosen yang mempunyai jaringan luas untuk menyalurkan Anda ke perusahaan yang membuka lowongan magang. Makin baik lagi kalau Anda mendapat surat rekomendasi dari sang dosen. Bertanya kepada senior atau teman yang pernah magang juga penting. Anda bisa mendapatkan link dan berbagai tips agar Anda bisa diterima di perusahaan yang Anda incar.

(Majalah Chic/Precilia Meirisa), kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..