Inilah 5 Tips Sukses Jadi Bos Baru

Inilah 5 Tips Sukses Jadi Bos Baru. Mendapatkan promosi naik jabatan tentu merupakan pencapaian dan prestasi dalam karier. Anda punya tanggung jawab baru, dan untuk bisa menjalankannya dengan lancar, perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Hubungan Baik
Bila sejak awal hubungan Anda dan anak buah sudah akrab, jadikan ini sebagai modal, sebagai aspek positif yang bisa terus Anda bina. Bila hubungan sudah baik, biasanya teman-teman Anda akan percaya dengan ketulusan dan kapabilitas Anda, sehingga mereka akan cenderung bersikap kooperatif dan mendukung.

2. Tegas soal deadline
Bila dalam suatu kondisi, bawahan menampilkan kinerja yang kurang pas, semisal tidak berhasil memenuhi deadline, maka Anda pun tetap bisa mengingatkan, menegur mereka dengan cara yang pas, sesuai kondisi setiap orang terkait dengan situasi yang sedang mereka alami.

3. Ajak berpikir global
Bila deadline masih juga mentok, ajak mereka berpikir global. Misalnya, jika Anda bekerja di divisi public relations, sebagai PR person ingatkan kembali bahwa seseorang “diharuskan” senantiasa rendah hati, luwes dalam bergaul. Karena perlu melayani keinginan beragam user dengan beragam gaya dan sifat user tersebut. Sekiranya satu dealine tidak terpenuhi, maka ada peluang klien akan kecewa, sehingga hubungan yang selama ini bisa terganggu. Dan bila klien sudah tidak percaya, program-program yang dijalankan oleh divisi PR berpeluang kurang berhasil, karena kurang mendapat dukungan optimal dari klien maupun pihak terkait. Sebaliknya, bila PR person dapat melayani dengan baik kebutuhan klien atau pelanggannya, maka hubungan interpersonal dengan mereka juga bisa terbina baik, kepercayaan meningkat, sehingga melancarkan pelaksaan tugas maupun pemenuhan target.

4. Tidak perlu bossy
Cukup berikan gambaran umum pada mereka, apa saja manfaat positif bila mereka memenuhi kinerja dengan baik, manfaat yang khas pada setiap orang. Misal, direksi menjadi lebih mendengar dan memerhatikan prestasi kerja mereka, lebih terbuka peluang promosi, terbuka peluang mengerjakan program mearik, baik di unit kerja saat ini maupun unit kerja lain, bahkan ke luar negeri- tergantung struktur organisasi yang ada.

5.Rendah hati
Tetap menjadi pribadi yang mudah didekati peduli pada tim kerja, sigap menyiapkan data serta fasilitas yang diperlukan. Rajinlah memotivasi anak buah, agar mereka senantiasa terpicu melaksanakan tugas dengan optimal, yang manfaat akhirnya akan secara langsung oleh mereka, Anda, pihak klien, maupun perusahaan.

Selamat merangkul anak buah Anda.

(Majalah Chic/Donna Turner, Konsultan Sumber Daya Manusia) kompas.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..