Tips Sukses di Luar Cara Konvensional

SEBAGIAN orang tidak terprogram untuk bekerja di lingkungan tradisional. Jika Anda mudah bosan, memiliki banyak minat, dan lebih memilih untuk membuat aturan sendiri, maka Anda mungkin salah satu dari mereka.

Anda tentu saja bisa menghabiskan hidup penuh penderitaan selama beberapa dekade dengan menjadi seorang karyawan, mengeluhkan bagian diri yang hilang, merasa tidak terpenuhi dan bosan. Namun, Anda juga bisa mengambil langkah berani dan menghadapi risiko dengan membuat jalan sendiri menuju kesuksesan.

Wayne Rogers, seorang pengusaha, pebisnis, dan aktor telah mengambil keputusan tersebut dalam hidupnya. Dia pernah terlibat dalam segala hal mulai dari pembuatan anggur, bisnis pengantin, sampai berakting di atas panggung dan memiliki sebuah perusahaan distribusi film.

Dalam bukunya berjudul Make Your Own Rules: A Renegade Guide to Unconventional Success, Rogers menjabarkan bagaimana dia bisa menguasai berbagai macam bisnis secara independen. Berikut ini adalah beberapa tips yang disarikan dari bukunya seperti dikutip situs msn.careerbuilder.com:

Jangan membatasi diri
Banyak orang percaya, pilihan karier mereka harus dibuat berdasarkan latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja yang sesuai untuk bidang tertentu. Namun, Rogers memiliki pendapat berbeda. ”Hal ini akan mengejutkanmu. Tetapi, benang umum untuk berbagai bisnis di mana saya terlibat adalah bahwa saya belum pernah berkecimpung di dalamnya sebelumnya.”

Jika banyak orang memandang kurangnya pengalaman sebagai hambatan untuk memasuki bisnis tertentu, Rogers justru melihatnya sebagai keuntungan. ”Itu adalah suatu keuntungan karena saya tidak punya aturan yang harus diikuti, tidak ada keputusan yang bisa dibuat ulang, tidak ada ‘buku’ yang memberitahuku bagaimana cara menemukan kesuksesan.”

Kenyataan itu memungkinan Rogers untuk mengambil pendekatan kreatif ketimbang pendekatan administrasi. ”Keyakikanku adalah bahwa hasil terbaik dalam bisnis berasal dari proses kreatif, dari kemampuan untuk melihat sesuatu secara berbeda dari orang lain, dan dari menemukan jawaban untuk masalah yang tidak terikat kalimat ‘kami selalu melakukannya dengan cara ini.’ ”

Mematuhi regulasi
Bahkan bisnis terkecil pun harus tunduk terhadap berbagai peraturan daerah mau pun pusat. Jika Anda ingin memulai bisnis sendiri, peraturan tersebut harus dipelajari dan dipatuhi. Kemampuan Anda untuk mematuhi dokumen dan laporan yang diperlukan oleh berbagai aturan tersebut, dapat membuat perbedaan berarti antara keberhasilan dengan kegagalan.

Besar belum tentu lebih baik
Lawan dorongan untuk membuat pertumbuhan dan tujuan yang terlampau muluk dari bisnis Anda. Menurut Rogers, ukuran tidak efisien. ”Belum lama berlalu, ada beberapa produsen mobil termasuk Nash, Kaiser, Hudson, Studebaker dan Packard. Mereka harus bersaing satu sama lain. Apakah itu sulit? Ya, tapi hal itu mengarah pada inovasi.”

Sebaliknya, imbuh Rogers, tiga pemain besar seperti Ford, General Motors dan Chrysler telah berpuas diri dengan produk-produk mereka sehingga tersusul oleh pesaing asing dan terpaksa menghadapi krisis. Pertahankan bisnis kecil Anda dan tetaplah berinovasi, sarannya.

Mitra bisnis baik
Pilih mitra bisnis Anda secara bijaksana, nasihat Rogers. ”Pilih mitra dan rekan yang Anda percaya dan buat mereka memercayai Anda. Kedua proses ini hampir dapat dipastikan akan memengaruhi hasil dari apa yang Anda lakukan.”

Gunakan insting Anda, amati perilaku orang-orang, dan nilai konsekuensi tindakan mereka. Selain dapat dipercaya, mitra bisnis dan karyawan juga harus dapat berbagi pola pikir yang sama dengan Anda.

sumber: Yulia Permata Sari, mediaindonesia.com

Menjual dan Menyewakan Media Display

..